Yakin Pasanganmu Benar-Benar Perhatian Pada Kesehatannya?

Kamis, 08 Feb 2018 17:50

Penulis: Iwan Tantomi

Ayotosstb.com - Setiap manusia diciptakan berbeda. Masing-masing memiliki cara tersendiri yang membuat mereka unik dibandingkan orang lain. Kamu pasti sudah biasa mengenalinya di berbagai artikel yang memuat tentang tipe-tipe pria atau wanita.

Tipe boleh berbeda-beda, sesuai selera. Tapi ada satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang, yaitu besarnya perhatian si dia terhadap kesehatan. Ada, lho, orang yang cuek dengan kondisi tubuhnya. Baginya, hidup hanya sekali dan harus dinikmati sebaik-baiknya, tanpa peduli apakah sikapnya tersebut memberikan dampak buruk pada tubuhnya atau tidak.

Tapi ada pula tipe manusia yang sangat perhatian dengan kesehatan. Nah, orang seperti ini yang cocok untuk dijadikan pasangan. Bukan cuma supaya bisa bersama sampai usia senja, tapi juga dapat menjadi motivasi bagimu untuk ikut hidup sehat.

Apakah pasanganmu benar-benar perhatian pada kesehatan? Sebaiknya kenali kebiasaan hidup orang sehat, seperti di bawah ini.

Di Acara Apa Pun, Porsi Makannya Nggak Berlebihan

© pexels

Entah itu di acara pernikahan, ulang tahun teman, dan lain sebagainya yang melibatkan nasi dan prasmanan, si dia selalu menjaga menu makanan yang disantapnya. Begitu pula ketika akan bepergian berdua, pasangan lebih doyan membawa masakan sendiri dari rumah dengan alasan lebih sehat dan bersih ketimbang beli di luar. Selain itu, dia juga sering terlihat berdampingan dengan sebotol besar air putih, yang selalu dikonsumsinya secara rutin untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.

Sesibuk Apa pun, Selalu Ada Waktu Buat Olahraga

Kalau melihat dia, seperti nggak betah kalau sehari saja nggak menggerakkan badan. Bahkan ketika sedang liburan pun pasangan selalu menyempatkan diri untuk olah tubuh. Hal ini tentu perlu kamu tiru karena olahraga sangat penting bagi tubuh. Selain menjaga kelenturan sendi, olahraga juga penting agar sirkulasi darah tetap lancar, pasokan oksigen ke otak tercukupi, sehingga selalu bisa berpikir jernih.

Selalu Bersikap Tenang Dalam Menghadapi Sesuatu, Bahkan di Saat Paling Panik Sekali Pun

Tunggu, sepertinya kata ‘panik’ justru nggak ada dalam kamusnya. Setiap kali bertemu masalah, ia selalu seperti seorang pertapa, bersikap tenang dalam menghadapinya. Tipe orang seperti ini selalu melihat sisi positif di setiap kesempatan. Ia selalu mengambil hikmah dari setiap kejadian, dan menjadikannya pelajaran dalam hidup. Selain itu, pikiran yang tenang dan optimis adalah kepingan rahasia untuk awet muda dan umur panjang.

Punya Hobi Menyehatkan

© pexels

Meskipun kadang dirimu benci dengan hobinya karena mengurangi waktu dengan si dia, harus diakui bahwa menjalankan aktivitas kesukaan itu sangat berguna bagi manusia. Hobi itu adalah salah satu cara manusia untuk mengusir stres, me-reset otak agar kembali segar dan bebas dari berbagai beban pikiran, asalkan hobi itu menyehatkan, baik secara mental, spiritual, mau pun finansial.

Nggak Sungkan Membawa Sisa Makanan Hingga Menemukan Tempat Sampah

Jaman sekarang, sulit mencari orang yang peduli dengan lingkungan sekitar. Tapi beruntunglah kamu kalau memiliki teman hidup yang nggak betah dengan lingkungan kotor. Bahkan bungkus permen pun akan dimasukkan dalam saku celana, untuk kemudian dibuangnya ketika menemukan tempat sampah.

Pasangan yang peduli pada kesehatannya, pasti juga nggak ingin kamu sakit. Sebisa mungkin, dia akan menarikmu agar memiliki gaya hidup yang sama dengannya. Toh, nggak ada ruginya juga memiliki jiwa dan raga yang sehat ketika beragam penyakit siap hinggap setiap saat. Salah satunya adalah Tuberkulosis, di mana Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penderita terbanyak di dunia. Bahkan Menteri Kesehatan, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) telah mencanangkan TOSS TB, agar masyarakat lebih peduli dan sadar akan bahaya penyakit ini, sekaligus menekan tingkat penularannya. Apalagi menurut  Laporan  WHO  tahun  2015,  diperkirakan  ada  1  juta  kasus  TBC  baru  pertahun  (399  per  100.000   penduduk)   dengan   100.000   kematian   pertahun (41 per 100.000 penduduk).

Kalau TBC menjangkiti, bayangkan, betapa hancurnya perasaanmu melihat dia terbaring sakit. Maka dari itu jika mengalami gejala awal TBC seperti batuk yang tak berkesudahan, segera periksakan ke puskesmas dan rumah sakit terdekat, sebab layanan kesehatan TBC sudah bisa dilakukan di seluruh fasilitas kesehatan di Indonesia.

Source:

http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No._67_ttg_Penanggulangan_Tuberkolosis_.pdf

Ikuti Kami