Dear Millennial, Berantas TBC Lewat Kompetisi Vlog Yuk!

Kamis, 15 Feb 2018 14:25

Penulis: Iwan Tantomi

Ayotosstb.com - Jadi millennial jangan hanya update soal gaya saja. Kamu juga harus aware dengan masalah kesehatan yang sekarang lagi mengalami peningkatan, salah satunya adalah Tuberculosis atau TBC. Tahu nggak sih, TBC ini lagi jadi salah satu masalah kesehatan yang cukup mengkhawatirkan di Indonesia.

Menurut laporan TB Global Report tahun 2017 lalu, ada sekitar 1.020.000 kasus TBC baru setiap tahunnya. Sekitar 391 orang terserang per 100 ribu penduduk, dengan angka kematian mencapai 100 ribu per tahunnya (41 per 100 ribu penduduk). TBC ini juga bisa menyerang siapa saja, termasuk kaum millennial. Nggak percaya?

Apa Sih yang Bikin Millennial Rentan Terserang TBC?

© Pexels

Masalah kesehatan yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis ini dapat menyerang paru-paru. Jangan dikira TBC hanya bisa menyerang masyarakat yang tinggal di lingkungan pedalaman saja. Millennial yang hidup di kota besar juga bisa berisiko terserang TBC, soalnya penyakit ini ditularkan dengan mudah lewat udara. Ini dia salah satu hal yang bikin angka penyebarannya terus meningkat setiap tahun.

Faktor lain yang bisa bikin millennial rentan terserang TBC adalah gaya hidup sehari-hari. Misalnya saja bagi kamu yang punya banyak aktivitas ditempat umum, di mana kamu berinteraksi dengan banyak orang yang kemungkinan banyak kuman yang bisa terhirup dan masuk ke dalam tubuh. Belum lagi kalau daya tahan tubuh lemah karena nggak mendapatkan kebutuhan nutrisi yang seimbang atau orang dengan HIV AIDS akan semakin berisiko mengidap TBC.

Vlog, Media Kreatif Millennial Edukasi Pencegahan TBC

© Pexels

TBC sebaiknya jangan dianggap sepele, karena bisa menular dan dapat menyebabkan kematian. Sebagai millennial yang update dengan perkembangan teknologi, manfaatkan hal tersebut buat sesuatu yang positif, yuk! Misalnya saja dengan membantu berantas TBC lewat vlog kreatif yang bisa ditonton anak zaman now lainnya. Keren nggak tuh?

Lewat vlog, anak zaman now bisa membantu menyebarkan edukasi dan informasi tentang penyebaran TBC yang penting banget buat diketahui. Tapi, tentu saja konten yang kamu buat harus kreatif dan menarik biar viral dan banyak anak muda yang mau nonton. Nggak cuma bisa membantu kamu biar semakin eksis jadi vlogger, tapi juga memberi pengaruh positif buat anak zaman now lainnya. Asyik nggak tuh?

Ikutan Kompetisi Vlognya, Yuk!

© Pexels

Sudah siap dengan konsep kreatif vlog edukasi TBC versi kamu sendiri? Buruan eksekusi dan ikutan kompetisi vlog Ayo Berantas TBC yang kasih kamu kesempatan memenangkan total hadiah jutaan rupiah, lho! Mau tahu caranya?

Bikin vlog tentang TBC paling keren dan kreatif dengan teknologi kekinian. Pastikan video kamu dilengkapi dengan sumber data valid . Makin keren lagi kalau kamu bisa menampilkan kisah inspirasi pasien yang sudah dinyatakan sembuh.

Kirim video vlog karya kamu, maksimal 10 menit, ke TBVlogCompetition@gmail.com, hingga terakhir 20 Maret 2018. Jangan lupa untuk mengunggahnya ke minimal 2 akun medsos kamu (Facebook, YouTube, Instagram, Twitter) dan gunakan hashtag #AyoTossTB. Simak keterangan selengkapnya dengan klik di sini, ya.

Yuk, bantu berantas TBC dengan ikutan kompetisi vlog ini!

Ikuti Kami