Cegah TBC, Yuk Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Selasa, 27 Mar 2018 14:12

Penulis: Iwan Tantomi

Ayotosstb.com - TBC adalah penyakit yang sulit untuk dideteksi. Penyebaran wabah ini adalah melalui udara, di mana bakteri Mycobacterium tuberculosis dibawa oleh angin setelah ada penderita tuberkulosis yang mengeluarkannya lewat batuk, bersin, atau dahak. Karena ukurannya yang sangat kecil, sulit bagi manusia untuk menghindarinya. Tanpa disadari, bakteri ini masuk ke mulut atau terhirup dan menginfeksi sistem pernapasan.

Selama masa ini, penderita biasanya juga mengalami batuk berdahak lebih dari dua minggu, , sesak napas, badan lemas,  nafsu  makan  menurun,  berat  badan  menurun,  malaise,  keringatan di malam hari, serta demam  meriang  berminggu-minggu. Saat menyerang anak-anak, si kecil akan menunjukkan penurunan berat badan dan lesu selama lebih dari dua minggu, yang menyertai batuk dan demam untuk kasus yang sudah parah dapat timbul batuk dahak bercampur darah

Jutaan masyarakat Indonesia sudah menderita penyakit ini. WHO mencatat, di tahun 2015 ada sekitar satu juta kasus TBC baru per tahun (399 per 100.000 penduduk), di mana ada 100.000 penderita yang meninggal dalam setahun (41 kasus per 100.000 penduduk).

TBC mungkin sulit untuk dihindari, tapi kamu bisa mencegahnya dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini.

Rutin Olahraga

© pexels

Olahraga secara rutin akan meningkatkan sistem metabolisme dan kekebalan tubuh. Selain tubuh yang bugar, penyakit pun juga bisa ditangkal dengan lebih mudah oleh antibodi.

Istirahat yang Cukup

Jangan biasakan begadang, entah karena ada pekerjaan atau gara-gara smartphone. Ketahuilah bahwa kurang istirahat akan melemahkan tubuh, membuat badan mudah lelah dan sakit-sakitan. Dengan istirahat yang cukup, badan akan lebih siap untuk menghadapi infeksi bakteri, termasuk serangan dari Mycobacterium tuberculosis.

Makan Makanan Bergizi

Biasakan untuk membawa bekal makanan yang dimasak sendiri dengan cara yang sehat dan bersih. Pastikan juga menu-menu yang kamu santap mengandung nutrisi lengkap, terutama kaya akan asam lemak omega-3 yang diperlukan untuk meningkatkan sistem ketahanan tubuh.

Jauhi Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol dikenal sebagai bagian dari gaya hidup yang tidak sehat. Tak perlu lagi mengikutinya dan mulailah untuk memiliki kehidupan yang lebih bersih dengan menjauhi keduanya. Lebih baik gunakan uang untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

© pexels

Pastikan rumah memiliki sanitasi yang baik. Jendela yang selalu dibuka setiap pagi, got dan saluran-saluran air yang mengalir lancar, serta lingkungan sekitar yang bersih dan tertata dengan rapi. Tempat tinggal yang bersih dan hijau tak hanya menjauhkan diri dari bakteri penyebab TBC, tapi juga membuat badan lebih sehat, serta semakin mempercantik tampilan rumah.

Dengan perilaku hidup bersih dan sehat, perkembangan bakteri penyebab TBC pun bisa ditekan semaksimal mungkin. Tapi bila mengalami serangan ini, usahakan agar menjalankan pengobatan hingga tuntas, untuk menghindari TBC menjadi resisten obat.

Ikuti Kami