Cara Tepat Anjurkan Orang Batuk untuk Pakai Masker

Selasa, 27 Mar 2018 14:17

Penulis: Iwan Tantomi

Ayotosstb.com - Indonesia, dengan iklim tropisnya, memiliki dua musim yang terjadi selama setahun, musim panas dan penghujan. Keduanya memberikan eksotisme yang membuat negeri ini begitu subur dan indah. Tak heran bila banyak turis mancanegara yang berbondong-bondong menghangatkan diri ke Indonesia, terutama saat negara mereka sedang mengalami musim dingin.

Tapi di balik keindahan tersebut, umumnya pergantian musim panas  ke musim penghujan memiliki dampak bagi kesehatan yaitu flu dan batuk. Ini adalah penyakit yang sangat umum terjadi di berbagai penjuru Nusantara ketika musim pancaroba. Sayangnya, edukasi tentang pentingnya menjaga persebaran penyakit batuk ini masih sangat minim. Mungkin karena sudah menjadi penyakit yang umum, batuk seakan dianggap remeh. Padahal tidak semua batuk itu sama. Ada batuk yang menyertai flu, ada pula batuk sebagai gejala TBC.

Sebagai catatan, di tahun 2015 lalu WHO membuat laporan bahwa ada sekitar satu juta kasus TBC baru yang terjadi di Indonesia, dengan 100.000 penderita mengalami kematian, setiap tahunnya. Itu adalah gambaran betapa masyarakat Indonesia membutuhkan masker untuk melindungi diri dari tertular, atau menularkan penyakit ini.

Bagaimana cara tepat untuk anjurkan orang batuk memakai masker?

Teguran Langsung

© pexels

Bila orang itu adalah keluarga atau teman dekat, berikan teguran langsung untuk mengenakan masker sebagai perlindungan pertama terhadap batuk. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisinya, serta membawa ke dokter bila diperlukan.

‘Sindir’ Secara Tidak Langsung

Tapi bagaimana bila menganjurkan masker pada orang yang kurang dikenal? Rekan kerja sekantor atau atasan, misalnya. Mungkin kamu bisa menyindirnya secara tidak langsung, yaitu dengan memasang poster atau pamflet yang berisi pesan, ‘Kalau batuk, kenakan masker biar tidak menular ke orang lain.’

Dimulai dari Diri Sendiri

Tidak biasa menyindir? Berikan ‘provokasi’ dengan menggunakan masker itu sendiri. Kalau orang batuk melihatmu mengenakan masker, dia yang sebelumnya tidak berpikir untuk pakai pelindung mulut, entah karena ego atau malu, pasti kembali mempertimbangkan untuk menggunakan masker supaya orang lain tidak ada yang khawatir tertular penyakitnya.

Pakai Media Sosial

© pexels

Bila ingin mengajak masyarakat luas untuk sadar mengenakan masker, gunakan media sosial saja. Bikinlah sebuah video blog atau konten foto mengenai bahaya penularan batuk, terutama TBC.

Sambil meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya masker, yuk, ikutan kompetisi Masker Challenge #AyoTOSSTB. Unggah foto selfie kamu saat sedang mengenakan masker di media sosial Facebook, Instagram, atau Twitter. Jangan lupa, sematkan tagar #AyoTOSSTB. Diberi bumbu-bumbu caption yang membangkitkan semangat hadapi TBC juga boleh.

Keterangan lebih lengkap bisa kamu baca di ayotosstb.com.

Ikuti Kami