Bukan Cuma Hura-Hura, Para Vlogger Ini Ajak Berantas TBC di Indonesia!

Kamis, 15 Feb 2018 14:13

Penulis: Iwan Tantomi

Ayotosstb.com - Profesi sebagai vlogger kini makin diminati oleh banyak orang, terutama millenials. Vlog atau video blogger sering kali menjadi media untuk sharing informasi, entertainment hingga ngajakin banyak orang untuk melakukan sebuah movement. Nggak cuma hura-hura doang, lho! Buktinya, beberapa vlogger ternama berikut malah ngajakin audience-nya untuk berantas TBC di Indonesia.

Chandra Liow

© youtube/ayotosstb

Chandra Liow, siapa sih yang nggak kenal dengan vlogger sekaligus Youtuber yang satu ini? Sering kali membuat konten yang menghibur dan kocak serta sinematografi yang ciamik membuatnya mendapatkan banyak sekali subsriber. Nggak cuma bikin orang ketawa, Chandra juga pengen para subscriber-nya selalu sehat dan bebas Tuberkulosis. Pasalnya, semua orang berisiko untuk terkena TBC.

Penyakit yang satu ini menjadi salah satu yang paling menakutkan di Indonesia. Menurut penelitian yang dilakukan WHO pada tahun 2015, 640 per 100.000 penduduk mengalami Tuberkulosis. Faktanya, saat ini Indonesia adalah peringkat ke - 2 terbanyak di dunia untuk kasus TBC. Kamu nggak mau kan penyakit ini semakin banyak korbannya?

Rizna Nyctagina

© youtube/ayotosstb

Seleb, dokter sekaligus ibu rumah tangga ini begitu concern dengan penyakit Tuberkulosis. Pasalnya, penyakit yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis ini penularannya begitu cepat. Proses penularan ini terjadi dalam bentuk percikan dahak atau bersin yang mengandung TB.

Saat penderita batuk, menghasilkan sekitar 3000 percikan dahak yang mengandung sebanyak 0-3500 kuman TBC. Sedangkan kalau bersin dapat mengeluarkan sebanyak 4500-1.000.000 kuman TBC. Ngerti banget, kan? Belum lagi jika proses penyembuhannya belum total, TBC bisa kembali datang dan menyerang.

Melihat ajakan dari Chandra Liow dan Nyctagina berantas TBC di Indonesia, hatimu ikut terketuk untuk ikutan? Johnson & Johnson bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan Vlog competition tentang edukasi penyakit TBC. Kamu bisa ikutan dengan membuat vlog bertemakan Tuberkulosis dengan durasi maksimal 10 menit, lalu upload di Instagram atau YouTube menggunakan #AyoTOSSTB.

Dengan mengikuti kompetisi vlog #AyoTOSSTB ini, kamu bisa menjadi bagian dari sebuah movement untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang bahaya TBC. Periode kompetisi ini masih berlaku hingga 20 Maret 2018, yuk buruan ikutan sekarang juga. Siapa tahu vlog yang kamu buat bisa menginspirasi dan menyelamatkan banyak nyawa yang berisiko terkena TBC.

Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung kunjungi website http://www.ayotosstb.com/. Selamat berkarya!

Ikuti Kami